Sayuran Tepat Untuk Menu Diet Anda

Berat badan dapat dipengaruhi oleh dua hal utama yaitu aktifitas fisik yang dilakukan dan jumlah asupan kalori tiap harinya. Peningkatan berat badan dapat terjadi jika asupan kalori melebihi kalori yang dibakar oleh tubuh. Jumlah asupan kalori dapat dikurangi dengan melakukan seleksi terhadap makanan atau minuman yang dikonsumi atau juga dengan meningkatkan aktifitas fisik yang dilakukan.

Bagi seseorang yang berada dalam kondisi obesitas dan kegemukan disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi agar bisa mendapatkan saran yang tepat untuk mencapai berat badan ideal.
Pola makan sehat yang umumnya dianjurkan adalah dengan menambahkan jumlah porsi sayuran. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, sayuran juga mengandung serat yang berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan dan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Sayuran merupakan makanan yang membuat berat badan tetap aman walaupun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Berikut beberapa sayuran yang dapat dimasukkan dalam menu diet atau pola makan sehat

  • Wortel
    Wortel merupakan sayur yang memiliki tekstur unik dan dapat dikonsumsi dengan atau tanpa dimasak. Wortel memiliki kandungan betakaroten dan serat. Wortel memiliki rasa yang enak dan dalam 140 gram mengandung 45 kalori.
  • Jamur
    Jamur dapat digunakan untuk mengganti peran ayam atau daging. Jamur dapat dicincang dan diolah menjadi burger atau bakso. Dalam sekitar 60 gram jamur hanya mengandung 15 kalori.
  • Mentimun
    Mentimun memiliki kandungan tinggi air dan rendah lemak atau karbohidrat. Dalam 100 gram mentimun hanya memiliki kalori sebesar 10 kalori.
  • Seledri
    Seledri memiliki kandungan hampir semua air sehingga sangat bagus digunakan dalam menu diet untuk menurunkan berat badan. Seledri juga mengandung serat dan dapat dikonsumsi saat mentah dengan tekstur yang renyah. Dalam seledri yang memiliki panjang 15 cm mengandung 5 kalori.
  • Kembang kol
    Kembang kol tidak memiliki kandungan lemak dan memiliki serat yang tinggi. Dalam menu diet, menambahkan kembang kol merupakan ide yang sangat bagus karena dapat membantu menurunkan berat badan. Kentang dan nasi dapat digantikan dengan menambahkan porsi dalam kembang kol. Kembang kol tidak perlu dimasak terlalu lama, cukup sampai terlihat layu dan empuk. Dalam 145 gram kembang kol mengandung 35 kalori.
  • Cabe
    Dalam keadaan segar atau kering, cabe dapat memberikan rasa yang kuat pada makanan dan membuat menu diet memiliki cita rasa yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa cabe dapat meningkatkan metabolism sehingga tubuh lebih banyak membakar kalori selama beberapa jam setelah dikonsumsi. Dalam 20 gram cabe mengandung 7 kalori.
  • Kentang rebus
    Kentang mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalium. kentang dalam menu diet dapat membantu menurunkan berat badan karena akan memberikan rasa kenyang lebih lama.
  • Sayuran berdaun hijau
    Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan sawi merupakan sayuran yang wajib masuk dalam menu diet. Mereka memiliki kandungan rendah kalori, karbohidrat dan tinggi serat. Penambahan porsi sayur hijau dalam menu makanan tidak akan meningkatkan jumlah kalori. Sayuran hijau juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan mengandung banyak vitamin, antioksidan dan mineral. Dalam beberapa penelitian kandungan kalsium dalam sayuran hijau terbukti membantu pembakaran lemak.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar